Rabu, 09 Juni 2010

ABSTRAK

Yohanes Catur Wibowo, 2010. (Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktik Motor Listrik Siswa Jurusan Teknik Listrik di SMK Jepara). Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.


Pada dasarnya setiap siswa mempunyai potensi yang perlu dikembangkan dan direalisasikan di dalam bentuk prestasi nyata, salah satunya adalah prestasi belajar . Mengenai pencapaian prestasi pelajar siswa berasal dari siswa sendiri dan berasal dari luar siswa. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar praktik motor listrik siswa SMK Jepara.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh positif antara motivasi belajar dan prestasi belajar praktik motor listrik siswa SMK Jepara. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa jurusan listrik SMK Jepara tahun pelajaran 2009/2010 yang mengambil mata pelajaran praktik motor listrik, yakni siswa kelas III yang berjumlah 29 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampelnya adalah Purposive Sampling dan yang menjadi sampel adalah siswa jurusan listrik yang mengambil mata pelajaran praktik motor listrik kelas III yang berjumlah 29 siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan
menggunakan regresi, yang dilakukan dengan komputer program SPSS versi 10.0.
Berdasarkan hasil uji regresi didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi berlajar terhadap prestasi siswa dengan didapatkan nilai Fhitung sebesar 25,260 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan pada perbandingan antara Fhitung dengan Ftabel didapatkan besarnya Ftabel sebesar 4,1830 sehingga Fhitung > Ftabel. Berarti hipotesis kerja diterima.
Saran dari penelitian ini, yaitu maka diharapkan kepada semua guru sebagai pendidik agar dapat selalu menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi kepada semua siswa didiknya agar dapat dicapai tujuan pendidikan yang direfleksikan dengan prestasi belajar yang menggembirakan. Sedangkan pada orang tua siswa diharapkan untuk dapat selalu memantau prestasi belajar putranya agar apabila terjadi penurunan prestasi belajar dapat segera memberi dukungan dan semangat kepada putranya untuk tetap giat belajar.











METODE PENELITIAN
Tugas Individu Ini Disusun Guna Memenuhi Sebagian Tugas Dari Mata Kuliah
Metode Penelitian
Dosen Pengampu : Drs. Eko Supraptono, M.Pd









Disusun Oleh :

Nama : Yohanes Catur Wibowo
NIM : 5301407024
Prodi. : Pendidikan Teknik Elektro, S1


FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar