Rabu, 09 Juni 2010

TUGAS
KEWIRAUSAHAAN





Disusun Guna Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Drs. Isdiyarto, M.Pd



Disusun Oleh :
Nama : YOHANES CATUR WIBOWO
NIM : 5301407024
Prodi : Pendidikan Teknik Elektro, S1
Kelompok : VI (Enam)



JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2010

PERTANYAAN :
1. Jelaskan pengertian dan berikan contoh.
a. Wirausaha.
b. Kreatif.
c. Inovasi.
2. Bagaimana langkah-langkah yang harus ditempuh dalam memasuki dunia usaha?
3. Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang yang ingin memasuki dunia usaha?
JAWABAN :
1. *) Wirausaha adalah seseorang yang mengorganisir, mengelola dan memilki keberanian untuk menghadapi resiko. Sebagai pengelola dan pemilik usaha atau pelaksana usaha kecil kecil, wirausaha harus memiliki kecakapan untuk bekerja, kemampuan mengorganisir, kreatif dan lebih menyukai tantangan
Contohnya : Seseorang yang mempunyai pabrik krupuk. Meskipun hanya industri kecil atau juga disebut industri rumah tangga, maka pemilik/pengusaha tersebut dapat disebut sebagai seorang wirausaha.

*) Kreatif adalah yaitu kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru yang berbeda dan diakui oleh orang lain. Tetapi kata 'menciptakan hal baru' ini jangan disalahartikan jika kita tidak dapat membuat hal baru maka kita akan gagal dalam hidup. setiap manusia tidak dapat menciptakan!! tetapi manusia dapat menemukan hal yang orang lain belum temukan dan/atau mengubah hal-hal lama menjadi baru dengan gabungan dan ide-ide tambahan. jika kita dapat melakukan ini maka djamin hidup kita bakalan sukses karena pada jaman sekarang ini kunci kesuksesan dalam hidup adalah kreatif. dsamping manfaat bahwa kita akan sukses kita juga dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dalam hidup karena dengan kreatif kita akan selalu mencari solusi baru dengan ide-ide kita. dengan kreatif juga kita dapat lebih banyak dikenal dan mengenal orang lain. Dengan begitu kita dapat mengasah kemampuan kita dengan bertukar pikiran dan pendapat. kemampuan untuk dapat menjadi kreatif selalu ada dalam setiap orang, oleh karena itu kita harus selalu berusaha mencari sisi kreatif dalam diri kita, melatihnya, dan mengembangkannya setiap saat.
Contohnya : seorang pedagang memproduksi baksonya lain dari pedagang yang lainnya. Biasanya pedagang bakso hanya menggunakan campuran daging sapi dan tepung saja. Tetapi, dia menambahkan baksonya dengan telur puyuh yang ada didalam baksonya. Maka pedagang bakso tersebut dapat dikatakan pedagang yang mempunyai kreasi.
*) Inovasi adalah sebuah kreasi, pandangan atau pemikiran yang baru atau juga bisa disebut kombinasi baru. Istilah kombinasi baru ini dapat merujuk pada produk, jasa, proses kerja, dan pasar.
Contohnya : dahulu motor menggunakan pengapian model CDI, tetapi sekarang menggunakan model pengapian injection. Hal tersebut merupakan salah satu bemtuk inovasi bidang teknologi transportasi.

2. Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam memasuki dunia usaha
i. Kita harus memilih bidang dan jenis usaha yang akan dimasuki.
ii. Membentuk usaha dan kepemilikan.
iii. Menyiapkan modal, baik materi maupun tenaga kerja.
iv. Menyiapkan tempat usaha yang akan dipilih.
v. Menyusun organisasi yang akan digunakan.
vi. Memperhatikan lingkungan usaha.

3. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang yang ingin memasuki dunia usaha.
Untuk memasuki memulai usaha yang baru, maka seorang wirausaha tidak hanya memiliki kemampuan, tetapi juga harus memiliki ide dan kemauan. Ide dan kemauan tersebut harus diwujudkan dalam bentuk barang dan atau jasa yang laku di pasar. Oleh karena itu, melihat peluang yang besar merupakan langkah yang harus dilakukan sebelum produk barang dan atau jasa diciptakan.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merintis usaha baru, yaitu :
i. Bidang dan jenis usaha yang dimiliki.
ii. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikan yang akan dipilih.
iii. Tempat usaha yang akan dipilih.
iv. Organisasi usaha yang akan digunakan.
v. Jaminan usaha yang mungkin diperoleh.
vi. Lingkungan usaha yang akan berpengaruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar